Waspadai Pengawet Buah-Buahan

  • Whatsapp
CEK : Tim DKP BS melakukan pengecekan makanan segar yang dijual di Pasar Tradisional Ampera, Senin (12/4).

KOTA MANNA – Masyarakat BS diimbau untuk berhati-hati dalam membeli makanan. Pasalnya, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) BS menemukan makanan terutama buah-buahan yang mengandung pengawet, saat melakukan pengecekan keamanan pangan jelang Ramadan, di Pasar Ampera, Senin (12/4).

Dari sejumlah bahan makanan yang dicek, seperti buah apel, kurma, wortel, kentang, sayur manis, kubis, buncis, kacang panjang, labu, jeruk, pisang dan sawi. Petugas menemukan ada makanan yang mengandung zat kimia pengawet di buah-buahan.

Bacaan Lainnya

“Menjelang puasa besok (hari ini) kami telah melakukan cek kandungan zat kimia di dalam sayuran dan buah-buahan di Pasar Tradisional Ampera. Hasilnya, ada beberapa jenis buah yang kandungan zat pengawetnya. Salah satunya pada kulit buah Apel,” kata Kadis Ketahanan Pangan BS, Ir. Iskandar AZ

Diteruskannya, dengan kandungan zat pengawet yang cukup tinggi tersebut. Masyarakat diminta selektif dan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan segar ataupun kemasan. Salah satu upaya yang wajib dilakukan yakni mencuci bahan makanan tersebut dengan sabun disertai air mengalir.

“Apalagi di bulan puasa ini kebutuhan untuk konsumsi buah segar di saat berbuka cukup tinggi. Masyarakat tidak boleh memakan buah sembarangan, dalam artian harus dibersihkan terlebih dahulu. Jangan sampai, akibat pengaruh zat kimia dalam makanan tersebut menimbulkan efek negatif bagi tubuh,” katanya.

Selain mengecek kandungan makanan segar dan sayuran, kedepan DKP BS bersama instansi terkait akan gencar melakukan survei kemanan makanan di sejumlah titik lokasi. Baik kedai yang terdapat di pinggir jalan, ataupun kedai masyarakat yang dijual di pasaran. (cw2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *