Waspada Bencana, Wajib Siapkan Cadangan Pangan

  • Whatsapp
KETAHANAN: Pemprov Bengkulu menggelar rapat koordinasi cadangan pangan daerah bersama pemkab/pemkot, Selasa (6/4)

BENGKULU – Pemkab/Pemkot diminta menganggarkan stok cadangan pangan yang akan dititipkan di Bulog Bengkulu yang dapat digunakan jika terjadi bencana. Apalagi Provinsi Bengkulu masuk dalam daerah rawan bencana gempa maupun tsunami.

Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, mengaku stok beras yang tersimpan di gudang Bulog Bengkulu sebanyak 52 ton. “Untuk provinsi, itu sudah ada stok pangan 52 ton. Tetapi harus ditambah untuk dapat dipergunakan saat bencana terjadi,” ungkap Hamka usai rapat ketersediaan cadangan pangan bersama Pemkab/Pemkot se Provinsi Bengkulu, Selasa (6/4).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan pemerintah berkewajiban menyediakan stok pangan sesuai amanat intitusi. Namun, Hakma mengaku bukan berarti mengharapkan terjadinya bencana.

“Tetap perlu sinkronisasi antara Pemkab dan Pemkot serta Bulog. Mudah-mudahan saja stok pangan ini tidak sempat digunakan dan Bengkulu dijauhkan dari bencana,” ungkap Hamka.

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ir, Ricky Gunarwan, mengaku pemerintah akan mengoptimalkan produksi padi untuk memaksimalkan cadangan pangan daerah. Produksi padi terbesar berasal dari Bengkulu Utara, Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Selatan.

“Tahun ini sama seperti tahun lalu. Kami menganggarkan bantuan benih padi kepada petani, khususnya petani yang mengalami gagal panen sebelumnya,” ujar Ricky. (cia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *