Tunda Mudik, Selamatkan Keluarga!

  • Whatsapp
Bupati Gusnan Mulyadi

KOTA MANNA – Bupati BS, Gusnan Mulyadi menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan talksow yang dilakukan Satgas Covid-19 dengan tema “Tunda Mudik, Selamatkan Keluarga di Kampung” yang dilakukan secara virtual di ruang kerja Bupati BS kemarin (6/5). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gusnan Mulyadi mengimbau dan mengajak agar warga yang tinggal diperantauan untuk menunda dulu mudik ke kampung halaman.

Karena jika tetap memaksakan mudik ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini, dikhawatirkan pemudik terpapar dan bisa menularkan virus Corona kepada warga di kampung halaman. Bukan hanya itu, Pemkab BS sudah mengeluarkan larangan bagi ASN untuk mudik ke kampung halaman terutama bagi yang keluar provinsi. “Demi keselamatan diri dan keluarga dari virus Corona maka tunda dulu mudik lebaran tahun ini, silaturrahmi bisa melalui media komunikasi dan sebagainya,” imbau Gusnan.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Koordinator Tim Pakar sekaligus juru bicara pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menyatakan, aturan pelarangan mudik diciptakan untuk menyelamatkan nyawa bangsa Indonesia sendiri. “Sebenarnya pemerintah melarang mudik itu dengan alasan yang kuat. Dalam situasi pandemi, Covid-19 merupakan penyakit yang mudah menular dengan adanya kontak fisik atau berdekatan,” kata Wiku dalam talkshow yang disiarkan secara virtual.

Diakui, Wiku pemerintah tahu bahwa mudik merupakan bagian dari budaya silaturahmi bertemu dengan orang tua, sanak saudara, kerabat dan lainnya. Saat mudik dan bersilaturahmi, tentu tidak bisa dihindari menyentuh bagian dari tubuh seperti salaman, berpelukan, dan cipika-cipiki karena ikatan budaya yang dimiliki.“Sebenarnya yang dilarang adalah silaturahmi secara fisik, karena itu memberikan kesempatan virus makin berkembang. Maka silakan silahturahmi secara virtual saja yang lebih aman dan sehat. Ini pola silaturahmi baru karena kita sedang dalam kondisi bahaya,” jelas Prof Wiku.

Maka pihak Satgas Covid-19 pun meminta masyarakat jangan melakukan mudik dan meminta menyampaikan hal ini kepada teman, saudara, kerabat dan lainnya agar tidak mudik dan bersilahturahmi secara virtual saja. “Mari kita bersama-sama melawan pandemi Covid-19 ini. Pandemi masih di depan mata dan belum berakhir,” tutup Wiku.

Kegiatan talkshow ini selain Bupati Gusnan Mulyadi dan Prof Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 juga menghadirkan Adita Irawati selaku staf Khusus Menteri Perhubungan/Jurubicara Kementerian Perhubungan dan narasumber lainnya.(one)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *