Tingkatkan Akuntabilitas, Bappeda Lakukan Pembahasan Cascading OPD

  • Whatsapp
RAKER: Bappeda dan Litbang BS gelar raker pembahasan cascading bersama seluruh pejabat di OPD Pemkab BS

KOTA MANNA – Bappeda dan Litbang BS menggelar rapat kerja membahas cascading organisasi perangkat daerah (OPD) bersama seluruh pejabat eselon IV,III dan II d isetiap OPD. Raker ini digelar sejak Selasa (18/5) dan berakhir Kamis (20/5).

Kepala Bappeda dan Litbang BS Sukarni, SP, M.Si mengatakan, raker cascading bertujuan untuk sinkronisasi dan konsistensi terkair dengan target indikator kinerja utama kepala daerah. Termasuk indikator kinerja perangkat daerah yang berorientasi outcome. Maka dibutuhkan perencanaan yang berkualitas, terukur dan akuntabel pada RPJMD yang sedang disusun saat ini.

Bacaan Lainnya

“Beberapa program yang kurang maksimal selama ini disebabkan adanya kelemahan dalam cascading, setiap OPD masih banyak belum memahami fungsi cascading itu sendiri. Makanya ke depan kami harapkan betul setiap OPD untuk lebih intens berkoordinasi agar ada perubahan serta punya kontribusi yang signifikan di setiap kegiatan OPD masing-masing,” paparnya.

Salah satu harapannya adalah terciptanya inovasi minimal setiap OPD satu inovasi untuk pelayanan kepada masyarakat. “Dan cascading ini sendiri sangat penting agar terciptanya akuntabilitas dan birokrasi bisa dijalankan secara optimal,” ungkapnya

Terpisah, Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (P2EPD) Bappeda dan Litbang BS, Suwito, S. Sos, MM mengaku jika pembahasan cascading ini diminta langsung oleh Bupati agar siap dipersentasikan langsung dihadapannya. “Kami hanya memfasilitasi pembahasan cascading ini, supaya setiap OPD dapat memahami tugas dan fungsi sesuai dengan jabatan masing-masing untuk mendukung sasaran dari visi-misi kepala daerah,” pungkasnya. (yip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *