Terus Bertambah, Total 446 Kasus Covid: Suspek Capai 340 Kasus, 27 MD

  • Whatsapp
ilustrasi

KOTA MANNA – Berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 Bengkulu Selatan sampai saat ini tercatat total sudah 446 kasus konfirmasi Covid-19. Hal ini mengalami penambahan tiga kasus baru pasca lebaran Idul Fitri 1442 H, dari jumlah kasus sebelumnya tercatat 243 kasus.

Rinciannya, 194 konfirmasi telah dinyatakan sehat, 1 konfirmasi masih dirawat dan 24 menjalani isolasi mandiri. Serta yang dinyatakan meninggal dunia (MD) sudah tercatat sebanyak 27 orang. Sementara total kasus suspek tercatat 340 kasus, sedangkan total kasus probable tercatat 55 kasus. Kasus konfirmasi Covid-19 ini tersebar di seluruh wilayah kecamatan di kabupaten BS.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan BS, Siswanto S.Sos MSi melalui Kabid P2P, Elfa Sari M.Kes mengatakan, dari total 243 kasus tersebut, 27 diantaranya meninggal dunia. Sedangkan yang masih menjalani isolasi di rumah sakit yakni 1 orang dan 24 orang isolasi mandiri. “Untuk pasien yang dinyatakan sehat selama masa penanganan di rumah sakit maupun isolasi mandiri tercatat sebanyak 194 orang,” terang Elfa.

Ditambahkan Elfa, kasus Covid-19 di BS sebelum maupun sesudah libur lebaran ini tidak mengalami perubahan signifikan. Bahkan belum ada lonjakan kasus terbaru secara signifikan beberapa hari terakhir. Hal ini disebabkan oleh beberapa kebijakan pemerintah yang memberlakukan pembatasan keramaian dan tentunya tingkat kesadaran masyarakat terkait pentingnya protokol kesehatan (prokes) Covid-19 penting ditegakkan.

Sehingga berdampak dengan perkembangan jumlah kasus meskipun tidak terlalu banyak. “Sampai saat ini jumlah yang kasus yang dilaporkan belum terlalu meningkat, memang ada yang sembuh dan ada penambahan baru, hanya saja ada satu orang, Namun sampai saat ini yang di rawat di ruang isolasi tingggal satu orang lagi,” kata Elfa.

Dengan demikian saat ini Dinkes BS memastikan proses vaksinasi tidak berhenti dilakukan. Dimana untuk proses vaksinasi telah dilakukan pada tenaga kesehatan, ASN, pelayan publik, lansia dan selanjutnya akan dilakukan pada petugas guru sekolah.

Disampaikan Elfa, vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Bahkan tercatat hingga saat ini sudah hampir menyentuh angka 4 ribuan vaksin yang telah tersalurkan di BS. “Total sekarang 3.359 orang dari nakes hingga lansia yang telah divaksin. Selanjutnya untuk target di termin III tahap II masih lansia dan kemudian lanjut ke para guru,” pungkasnya.

Untuk itu Dinkes berharap dengan total kasus 243 di BS tidak bertambah lagi. Masyarakat diminta untuk selalu patuh terhadap apa yang diperintahkan oleh pemerintah mulai dari patuh prokes hingga menghentikan semua kegiatan yang bersifat keramaian.(one)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *