“Tak Ada Istilah Naik Corona”

  • Whatsapp
UJIAN: Tampak siswa MTs Ponpes Makrifatul Ilmi (MI) BS, mengikuti ujian semester beberapa waktu lalu.

KOTA MANNA – Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun akademik 2020/2021 jenjang pendidikan dasar (SD/SMP) di BS, mulai digelar pada Senin (14/6) mendatang. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu dengan sistem shift atau sesi. Selama proses ujian berlangsung, para siswa beserta guru juga diwajibkan menerapkan prokes secara ketat.

Hal itu guna mengantisipasi potensi klaster baru penularan virus corona. “Mulai tanggal Senin (14/6) mendatang, kegiatan PAS akan dilaksanakan. Kami minta siswa mempersiapkan diri dengan maksimal. Kurangi keluyuran dan perbanyak mengerjakan soal latihan,” ujar Kasi Kurikulum Bidang Dikdas Dinas Dikbud BS, Sarjono, S.Pd.

Bacaan Lainnya

Diteruskan Sarjono, kegiatan ujian kali ini menentukan tingkat prestasi dan kenaikkan kelas siswa. Jika siswa tidak fokus, potensi tidak naik kelas bisa saja terjadi. Para siswa juga dilarang menyepelekan kegiatan ujian dengan harapan tetap dinaikkan kelas oleh guru di sekolah. Serta harus menjadi perhatian khusus bagi orang tua dirumah untuk mengontrol aktifitas anaknya selama ujian berlangsung. “Tidak ada istilah naik corona, semua siswa akan diuji dengan standar kompetensi dan kapasitas masing-masing. Kalau memang nilai akademiknya belum tuntas. Maka perlu dibina ulang atau tidak dinaikkan kelasnya,” tegas Sarjono.

Selain itu, para guru juga diminta adil dan bijaksana dalam memberikan nilai. Jangan sampai karena takut banyak siswanya tidak naik kelas. Maka hasil nilai siswa dibuat dengan asal-asalan atau terkesan mengada-ada. “Setelah masa PAS berlangsung, satu minggu ke depan akan ada masa tenang atau pemeriksaan nilai oleh guru. Untuk classmeeting kemungkinan tidak dilaksanakan. Karena masih harus menghidari paparan virus corona. Sedangkan untuk pembagian raport siswa, dijadwalkan pada tanggal 26 Juni mendatang,” sambung Sarjono.

Sementara untuk masa libur akhir semester, berlangsung mulai tanggal 28 Juni hingga 10 Juli mendatang. Artinya pada tanggal 12 Juli, siswa kembali masuk sekolah dan siap mengikuti proses pembelajaran tahun akademik 2021/2022. “Mudah-mudahan prosesnya berlangsung lancar dan maksimal. Serta semua siswa meraih nilai yang baik,” pungkasnya. (cw2)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *