Sembilan Kabupaten Zona Orange Covid-19

  • Whatsapp
ilustrasi

KOTA BENGKULU – Sebanyak sembilan Kabupaten di Provinsi Bengkulu berada pada zona orange covid-19. Hanya kabupaten Lebong yang berada pada zona kuning. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan, penetapan zona itu berdasarkan jumlah kasus covid-19 di masing-masing kabupaten.

Saat ini jumlah kasus positif covid se Provinsi Bengkulu sebanyak 6.253 kasus, atau ada tambahan 86 kasus pada Rabu (21/4). Sedangkan kasus sembuh sebanyak 5.480 kasus. “Memang kasus positif covid-19 kita terus bertambah, ini merupakan warning bagi masyarakat agar memperketat protokol kesehatan,” kata Herwan.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, berdasarkan persentase kasus positif covid-19 dan pasien yang dinyatakan sembuh, masih ada 773 kasus positif, baik yang dirawat di rumah sakit, maupun yang melakukan isolasi mandiri. Jumlah pasien positif itu tersebar di 10 kabupaten/kota. Dengan kasus terbanyak tetap di Kota Bengkulu.

Meskipun sembilan kabupaten berada pada zona orange covid-19, Herwan menyebut aktivitas masyarakat seperti mudik lebaran antar kabupaten bisa dilakukan. Begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar, asalkan mengikuti panduan pencegahan covid-19.

Selain itu, pemerintah juga saat ini terus mengejar capaian vaksinasi khususnya untuk lanjut usia yang masuk dalam program prioritas. Pasalnya, lansia menjadi salah satu yang rentan terpapar covid-19, apalagi jika memiliki penyakit penyerta yang dapat menimbulkan kematian. “Bagi lansia diimbau mengurangi aktivitas, apalagi saat lebaran, tetap kedepankan prokes,” tutur Herwan. (cia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *