Peserta Kios Sekundang Terima Barang Bukan Uang

  • Whatsapp

KOTA MANNA – Ide Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mendongkrak pertumbuhan UMKM melalui program Kios Sekundang mendapat antusias cukup tinggi. Ratusan masyarakat telah menyampaikan usulan ke Dinas Perindagkop-UM untuk menjadi mitra Kios Sekundang. “Sekitar 300-an usulan yang kami terima dari masyarakat yang hendak menjadi peserta Kios Sekundang,” kata Kepala Dinas Perindagkop-UM, Herman Sunarya, MH.

Dikatakan Herman, usulan yang disampaikan masyarakat sudah disampaikan ke bank mitra. Prosesnya masih tahap verifikasi oleh pihak bank. Yang lolos verifikasi maka akan mendapatkan pinjaman lunak dari bank yang bunganya disubsidi anggaran APBD. Sedangkan yang tidak lolos verifikasi bank maka akan gagal menjadi peserta Kios Sekundang. “Usulan Kios Sekundang masih diverifikasi bank. Hasil verifikasi bank yang menentukan lolos atau tidaknya,” terang Herman.

Bacaan Lainnya

Jika lulus verifikasi bank, lanjut Herman, masyarakat peserta Kios Sekundang tidak akan mendapatkan uang, tapi berupa barang dagangan sesuai jumlah uang yang disetujui pihak bank. Sebab bank mitra program kios sekundang telah bekerjasama dengan perusahaan yang memasok barang ke kios peserta program Kios Sekundang. “Barang yang akan diterima peserta sesuai dengan besaran pinjaman yang disetujui bank. Misalnya nominal pinjaman yang disetujui Rp 15 juta, maka sejumlah itu barang yang akan dipasok oleh pihak perusahaan ke warung warga,” jelas Herman.

Dalam merealisasikan program Kios Sekundang, Pemda telah bekerja sama dengan sejumlah pihak. Diantaranya beberapa bank mitra dan juga PT DWN selaku perusahaan penyalur barang. Dalam waktu dekat, program Kios Sekundang ditarget segera berjalan. (yoh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *