Perhatikan Kedaluarsa Makanan dan Minuman

  • Whatsapp
Tim dari Dinas Ketahanan Pangan BS saat melakukan pemeriksaan pangan di pasar

MEMASUKI bulan suci Ramadhan, masyarakat Kaur diimbau hati-hati saat berbelanja di sejumlah lokasi dengan memperhatikan masa kedaluarsa makanan dan minuman (mamin). Sebab, biasanya masyarakat membeli lebih menjelang bulan puasa ini. Selain itu sering ditemui ada barang yang sudah kedaluarsa masih diperjual belikan terutama di pasar tradisional dan minimarket.

“Jangan sampai kita salah beli dan harus teliti ketika membeli barang. Caranya dengan memperhatikan masa berlaku barang,” kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM (Diskoperindag UKM) Kaur, Agusman Efendi, SE, M.Si belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, biasanya menjelang puasa hingga lebaran tak jarang digunakan orang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan banyak. Karena itu, ia mengingatkan, jangan sampai para pembeli terkecoh dengan mamin yang harganya murah, tampilannya bagus, padahal sudah mendekati masa kadaluarsa. “Makan kadaluarsa ini juga kadang memang karena kelalaian pemilik toko, maka kita sebagai konsumen harus cerdas karena kalau tidak cerdas bisa diambil barang itu,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat, agar teliti sebelum membeli produk, seperti membaca keterangan yang tertera pada kemasan. Juga ia meminta kepada pelaku usaha agar tidak menjual produk-produk yang tak layak kepada masyarakat. Bila melanggar, maka pihaknya bakal memberikan sanksi serta tindakan kepada pelaku usaha tersebut. “Saat ini kita belum menggelar pemeriksaan kepada sejumlah minimarket dan pedagang lainnya. Namun kita selalu mengimbau kepada pelaku usaha agar barang yang dipasarkan juga memenuhi ketentuan,” tutupnya. (jul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *