Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

  • Whatsapp

RAMADHAN adalah bulan penuh rahmat, bulan penuh ampunan, bulan penuh keberkahan. Karenanya segala amal kebaikan yang dikerjakan pada bulan Ramadhan ini akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Ini disampaikan Ustad Liza Wahyuninto, MHI pembina Ponpes Makrifatul Ilmi dihadapan para santrinya. Dikatakan ustadz yang akrab disapa Ustadz Yuyun ini, menyampaikan sejumlah amalan yang diajarkan ulama kharismatik, yakni Syekh Nawawi Al bantani.

Bacaan Lainnya

Diantaranya adalah menghindari perkataan kotor, yaitu perkataan yang buruk, perkataan tidak menyenang, atau perkataan yang menyakiti hati orang lain. “Pada bulan Ramadhan ini, kita dianjurkan untuk menjaga lisan dengan tidak mengeluarkan perkataan kotor dan tidak bohong” urainya.

Selanjutnya adalah memperbanyak sedekah. Amalan ini menurutnya sangat penting karena membantu orang lain. Dalam situasi musibah Covid -19 banyak sekali orang disekitar kita yang butuh bantuan. Dia pun menyebut janji pahala bagi orang berpuasa yang bersedekah dengan menyampaikan hadist yang berbunyi “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikit saja mengurangi pahalanya.

Amalan ketiga yang merupakan amalan sunnah adalah mandi besar sebelum terbit fajar. Menurutnya mandi besar pada saat junub, haid dan nifas hukumnya wajib, tetapi mandi besar sebelum fajar terbit pada saat Ramadhan hukumnya sunnah. Hal ini dimaksudkan agar menghindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa jika mandi dilakukan setelah terbit fajar. (yip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *