Jangan Percaya Calo! Pemprov Buka 579 Formasi, BS Hanya 369 CPPPK

  • Whatsapp
ASN di lingkungan Pemkab BS

BENGKULU – Perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021, dipastikan dibuka pada 31 Mei mendatang. Pemprov Bengkulu menerima 579 formasi CASN yang terbagi menjadi 542 Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) dan 37 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS. Sedangkan BS, hanya menerima kuota 369 formasi CPPPK.

Gubernur, Rohidin Mersyah, mengatakan pemerintah akan mengumumkan secara terbuka sesuai formasi atau kuota yang diterima. Gubernur berpesan agar masyarakat dapat mengikuti proses seleksi perekrutan CASN secara terbuka. “Persiapkan diri dengan baik. Karena perekrutan ini kesempatan yang sangat baik,” tegas Rohidin, Minggu (23/5).

Bacaan Lainnya

Gubernur mengatakan kesiapan sangat dibutuhkan agar saat mengerjakan soal dan masuk dalam ruangan tes, peserta tidak gamang yang akhirnya mempengaruhi hasil tes. Padahal pengetahuan dan wawasan yang dimiliki sebelumnya, bisa saja sudah mumpuni. “Kalau masuk ruangan itu sering gamang, akhirnya saat tes dimulai, malah tidak konsentrasi. Untuk itu perlu ada persiapan,” pesan Rohidin.

Gubernur juga meminta masyarakat tidak mempercayai oknum yang menjanjikan dapat membantu kelulusan. Rohidin menyebut kelulusan tergantung dari upaya masing-masing pelamar. Selain itu, tes CASN dilakukan dengan sistem komputer atau CAT. Rohidin menyebut tidak dapat mempermainkan hasil dengan system komputerisasi. “Inikan sistem yang sudah diatur sedemikian baik. Hasilnya tergantung masing-masing peserta,” tegas Rohidin lagi.

Jadwal seleksi CASN dimulai pada 31 Mei dengan pengumunan seleksi pada 30 Mei hingga 13 Juni 2021. Lalu pendaftaran seleksi pada 31 Mei hingga 21 Juni. Seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya pada 1 Juni hingga 30 Juni. Selanjutnya pelaksanaan SKD CPNS di UPT BKN pada Juli hingga September. Seleksi Kompetensi PPPK non guru dilaksanakan setelah SKB CPNS selesai di masing-masing lokasi.

Untuk seleksi kompetensi guru CPPPK di CBT Kemendikbud, digelar tiga tahap. Yakni tes pertama di bulan Agustus, tes kedua Oktober dan tes ketiga pada bulan Desember. Pelaksanaan tes SKB CPNS dilaksanakan pada September hingga Oktober 2021.Pengumunan akhir dan masa sanggah bisa dilakukan pada November 2021. Sedangkan penetapan NIP CPNS, direncanakan pada Desember 2021.

Hanya CPPPK

Sementara itu, tahun ini Pemkab BS dipastikan akan menggelar seleksi CASN. Namun, Pemkab BS hanya menerima kuota CPPPK khusus guru sebanyak 369 formasi.

Hal itu berdasarkan hasil verifikasi Kemendikbud RI terkait usulan kuota yang disampaikan Pemkab BS yang mengajukan 442 formasi guru CPPPK. Namun, KemenPAN-RB menetapkan kuota CASN BS hanya 369 formasi CPPPK guru.

Kasubid Pengadaan Data dan Informasi Kepegawaian BKPSDM BS, Denny Setiawan, SE, mengatakan petunjuk pelaksana (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) perekrutan CASN masih menunggu pengumuman lanjutan dari KemenPAN-RB. “Untuk formasi sudah resmi, tinggal menunggu Juklak dan Juknis,” tegas Denny.

Ditambahkan Denny, untuk proses tahapan seleksi pihaknya hanya membantu memasilitasi, penyelenggaraan secara teknis sepenuhnya dilakukan pihak Kemendikbud RI. “Mudah-mudahan dengan formasi yang ditetapkan KemenPAN-RB khusus tenaga guru honorer ini, dapat segera dilaksanakan seleksinya,” tutur Denny. (cia/one)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *