Ditemukan Dua Kasus HIV/AIDS di Seluma

  • Whatsapp
ilustrasi HIV/AIDS

SELUMA TIMUR – Tahun ini, sudah ditemukan dua kasus HIV/AIDS di Sleuma. Kasus pertama di wilayah Kecamatan Talo dan sudah meninggal dunia. Sedangkan satu kasus yakni seorang perempuan berusia 28 tahun di Kecamatan Seluma Timur.

Warga Kecamatan Talo yang dinyatakan orang dengan HIV/AIDS (ODHA), diketahui baru pulang dari Batam sekitar dua pekan lalu. Sedangkan ODHA di Kecamatan Seluma Timur, sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Untuk kasus yang kedua, yang bersangkutan bermaksud untuk berangkat ke luar negeri. Ketika sedang mempersiapkan persyaratan dan pemeriksaan kesehatan, ternyata ditemukan penyakit TBC dan HIV,” beber Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Seluma, Ahmad Tavip, SIP.

Ahmad Tavip mengaku Dinkes Seluma sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk penanganan ODHA tersebut. Apalagi ODHA harus rutin meminum obat.

“Tim dari Dinas Kesehatan sudah turun dan berkoordinasi dengan pihak keluarga. Yang bersangkutan akan mendapatkan pengobatan secara rutin,” ujar Ahmad Tavip.

Dinkes Seluma juga akan melakukan pemeriksaan terhadap keluarga kedua ODHA tersebut untuk memastikan tidak tertular. Pada 2020 lalu, Dinkes Seluma juga mencatat empat ODHA yang meninggal dunia. (rwf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *