Dinsos Bengkulu Selatan Turunkan Tim Data Ulang Masyarakat Miskin

  • Whatsapp
Plt Kepala Dinas Sosial BS bersama jajaran dan petugas TKSK

KOTA MANNA – Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan menyatakan telah menurunkan petugas untuk mendata ulang masyarakat miskin yang ada di daerah ini. “Pendataan ini guna memastikan seluruh masyarakat yang membutuhkan dan layak mendapat bantuan masuk dalam data base penerima manfaat dari program yang dikucurkan Pemerintah,” kata Plt Kadis Sosial BS Didi Ruslan

Ia menjelaskan pendataan ulang tersebut juga bagian memastikan seluruh keluarga yang berhak masuk dalam data base penerima manfaat. “Seluruh data yang diperoleh di lapangan langsung dimasukkan ke sistem layanan rujukan terpadu (SLRT) sesuai dengan instrumen yang telah ditetapkan,” katanya.

Menurut dia data yang masuk dalam SLRT tersebut nantinya akan dilakukan kroscek kembali oleh kementerian terhadap kriteria dari masing-masing penerima manfaat. “Artinya, data yang masuk melalui Data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sesuai kriteria maka warga tersebut akan menjadi prioritas dalam penerima program sosial yang dikucurkan oleh Pemerintah,” katanya.

Pihaknya optimistis dengan adanya pendataan ulang tersebut juga dapat meminimalisir keluarga kurang mampu yang tidak masuk dalam penerima manfaat program pemerintah serta dapat memperbaharui data terkini terhadap keluarga kurang mampu yang ada di Bengkulu Selatan.

Dijelaskan Didi, pembaruan data, kata dia, sesuai arahan pemerintah pusat untuk memperbarui DTKS setiap tahun. Penyusunan variabel ini merupakan salah satu langkah awal yang dilakukan pemerintah dalam tahapan pengelolaan DTKS. “Dalam proses pengelolaan, diawali dengan pendataan fakir miskin dan orang tidak mampu di daerah.

Proses awal tersebut dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran serta memberi peluang warga lain yang lebih berhak untuk masuk ke dalam data penerima bantuan. (yip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *