Bantu Peternak, Bappeda Launching Aplikasi SIINFORMAN

  • Whatsapp
BIMTEK: Kepala Bappeda dan Litbang BS menyerahkan buku panduan bimtek penggunaan aplikasi SIINFORMAN

KOTA MANNA – Bappeda dan Litbang BS melaunching aplikasi SIINFORMAN atau sistem Informasi Peternakan Bengkulu Selatan, Senin (12/4). Adalah aplikasi khusus untuk pendataan hewan ternak bagi peternak di BS.

Selain launching, peserta yang hadir yang merupakan perwakilan Badan Penyuluh Pertanian (BPP) se BS juga diberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait penggunaan aplikasi tersebut. “Jadi teman-teman dari penyuluh ini kita bimbing sampai menguasai aplikasi tersebut, nanti mereka yang ngajarin ke anggota BPP lain dan juga masyarakat. Agar seluruh ternak bisa didata,” ungkap Kabid Perekonomian, SDM dan Infrastruktur Dwi Prian Dona, ST, ME.

Aplikasi SIINFORMAN sudah bisa didownload di Playstore atau kunjungi link http://siinforman.bengkuluselatankab.go.id. Aplikasi tersebut tidak hanya untuk pendataan jumlah maupun wadah peternah untuk menyampaikan keluhan terkait ternak mereka ke penyuluh. Namun juga menjadi platform untuk jual beli hewan ternak. “Ada fitur untuk jual belinya. Peternak juga lebih mudah melaporkan bila ternaknya terkena penyakit atau lainnya ke penyuluh,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang BS Sukarni, SP, MM mengatakan, adanya aplikasi tersebut untuk mengikuti perkembangan zaman, dimana mayoritas masyarakat termasuk peternak kini mempunyai ponsel yang berbasis android atau smartphone. Sehingga aplikasi berbasis android kini menjadi media yang tepat guna menyebarkan informasi. “Pendataan ini sangat penting dilakukan, dan aplikasi ini memudahkan peternak dan penyuluh dalam mendata maupun lainnya,” pungkasnya. (yip)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *